Thursday, February 23, 2012

Oplet di Pontianak

Yo Yo wasaappp..back again with me Rigilblog, serasa kayak penyiar radio mana gitu, oke gue kali ini gue mau ngebahas tentang OPLET, OPLET ya bukan COPET. Kalo diantara kalian belum tau apa itu oplet, nih gue kasi sedikit penjelasan. Oplet atau biasa juga disebut mikrolet ataupun sejenisnya adalah kendaraan umum dimana lo bisa nyetopin dia dari pinggir jalan menggunakan lambaian tangan indah nan gemulai (untuk cewek) dan lambaian tangan sok macho (untuk cowok biar gak disangka homo atau gay). Sepertinya penjelasan tadi nggak ada intinya sama sekali, yak biarlah, nidji dan killing me inside juga bilangnya biarlah, jadi gak papa. Oplet atau mikrolet di daerah gue, di Pontianak, khususnya Kabupaten Kubu Raya jalan Sungai Raya Dalam udah jarang banget, pas gue masih SD dulu tiap hari gue pulang sekolah pasti naik mobil yang satu ini, jadi kalo ditanya temen, ‘eh, kamu pulang pake apa?’ gue pasti jawabnya ‘pake mobil’ dan bego’nya temen gue percaya kalo gue beneran pake mobil.


Kehidupan kecil gue memang sangat akrab dengan yang namanya oplet, mau ke sekolah, mau pergi ke mini market sama temen, mau pergi les atau mau kerumah temen ya tiap hari gue pake oplet. Kalo orang tua sempet sih pasti diantarin pake motor, tapi kan beliau kerja dari pagi sampe sore jadinya kalo ada perlu gak bisa minta anter. Gue juga gak sendiri, sahabat seperjuangan gue dari SD Nita juga melakukan hal yang sama dengan gue. Nita adalah anak perempuan yang tinggal kurang lebih 50 meter dari rumah gue, dan dia sahabat gue dar kelas 1 SD, nita ini anak yang tinggi dan gak gemuk, masih sd aja tingginya udah 150cm, dan gue aja baru 120cm, jadi kalo gue ngomong sama dia serasa ngomong sama tiang listrik. Nita juga anak yang rajin, baik, gak sombong dan kalo pas disekolahan temen-temen gue pasti nganggap nita ini adalah kakak gue, gue gak tau temen-temen gue pada salah makan apa di kantin, padahal kita berdua gak ada kemiripan sama sekali. Oke kembali ke oplet, nita adalah sahabat gue yang setia dimana kalo kita pergi sekolah selalu bareng dan pulangnya juga selalu bareng, kalo gue pake motor diantar bokap gue nita nebeng sama gue, kalo gue naik oplet, nita dianter sama abangnya, anjritt dimana letak kesetiakawanannya, gak donk dia juga naik oplet sama gue.

Nah, nita ini punya usaha warung tempat makan kecil-kecilan gitu karena di depan rumahnya lah oplet-oplet tadi pada mangkal nungguin penumpangnya, jadi sambil nunggu, supirnya bisa istirahat makan di warungnya nita. Di sini nita banyak sekali kenal sama supir-supir oplet yang sering makan di warungnya, yang akhirnya dikenalin ke gue, anjrit udah semacam mamih yang ngenalin gue ke kliennya yang homo tapi pedhofil. Diantara banyak gue Cuma kenal 3 supir oplet yang selalu gue naikin, yang pertama Kakang, dia orang sunda yang kerja di sini udah hampir 5 tahunan, orangnya kalem dan sopan banget, logat sundanya juga masih kental, jadinya asik kalo ngomong sama dia. Kedua, Bang Komar, ini supir oplet paporit gue banget nih, bukan karena dia asik diajak ngomong atau apa tapi kalo gue naik oplet dia pasti gak bayar, karena dia nganggap gue adalah sodara si nita. Waktu dia nanya ‘kamu sodara ya sama nita ?’, gue dengan bego’ langsung keceplos’ iya’, tapi kebego’an gue ini membawa berkah buat gue sendiri. Supir yang terakhir yaitu bang komang, gue gak tau dia orang bali atau bukan tapi dia orangnya asik juga diajakin ngobrol, dia juga kalo gue yang naik, pasti disuruh sama dia duduk didepan biar bisa diajakin ngobrol (sekarang gue baru nyadar kalo kayaknya dia dulu itu pedhofil yang memang ngincer gue pas duduk depan).

 Seiring dengan perkembangan waktu dan zaman, gue dah gak pernah lagi naik oplet sejak kelas 1 SMA, karena rute sekolah yang lumayan jauh jadinya rugi di ongkos naik opletnya. Gue gak tau gimana sekarang kabar nita, karena sahabat gue ini udah nikah dan kabarnya dia pindah ke daerah ketapang, paling gue tau-tau dikit dari nyokap gue yang biasa bergosip di warungnya nita ‘Gilang, kamu dapet salam dari Nita ?’ gue bingung ‘hah ? oh, waalaikumsalam’ biasa sih gue jawab gitu. Seiring dengan perjalanan waktu juga, oplet ditempat gue udah mulai sepi gak seramai dulu pas gue masih SD, pas gue SD ada sekitar 14 oplet yang mangkal di depan rumahnya nita, sekarang gak pernah gue liat nyampe 5 oplet yang ada di depan rumahnya nita, palingang cuma 2 atau 3. Yah, orang udah lebih memilih naik sepeda motor dan mobil-mobil pribadi ketimbang naik oplet yang jelek, panas, belum lagi kalo bau.

Gue juga sekarang berpikir begitu belum lagi kalo jarak tempuh yang jauh, kalo pake oplet pasti ongkosnya besar, dulu pas gue SD kelas 1 tarif oplet itu Rp. 200,- perak, sekarang udah Rp. 2000,- perak, udah 10 kali lipat dari jaman gue SD dulu tahun 1996. Seandainya aja kalo pemerintah lebih memperhatikan transportasi umum yang bersih, gak mahal seperti oplet otomatis jalanan di kota-kota besar gak mungkin macet dimana para warganya lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi mereka.

Beberapa penampakan oplet yang ada di daerah Pontianak

Oplet arah Sungai Raya
Oplet arah kota baru (kalo gak salah)


Oplet daerah jln pancasila
 Sekian postingan gue ini, monggo dibaca dan dikomeng yaa semuanya.... :D

SALAM BLOGGER
Share:

5 comments:

  1. saya pernah ke ponti 2 kali... jalan2 ke sungai kapuas tu (lupa makan apa ya namanya pas disana) untuk kendaraan yg unik juga adalah taksinya...seperti mobil kancil gitu ya.... kapan lagi kesana ya...wkwkkk...

    ReplyDelete
  2. oplet sana lbh jauh modern dibandingkan oplet yg masih nyisa di jakarta :D

    ReplyDelete
  3. @NIT NOT : oohh..hahaha iya, memang mobil kancil yang dijadiin taksi itu mah, tapi gak kalah laju sama taksi-taksi yang lain :D

    @Irvina : wahh gitu ya, kirain di pontianak malah lebih jadul dari sana :D

    ReplyDelete
  4. hahahahahh :D kawan supir oplet. sikaaaaaaat lang..!!!

    ReplyDelete
  5. Efnu : jangan bray, masih banyak yang lain, dan gue masih NORMAL !!!

    ReplyDelete

Blogger yang baik, adalah blogger yang meninggalkan komentar. So..don't be shy to comment guys !! :D